Monday, June 27, 2011

Siapakah Robinson Crusoe itu ?

8:37 PM Posted by beckti'velu No comments
Kalian pasti tahu dengan film terkenal yang dibintangi oleh Tom Hanks yang berjudul Cast Away, film ini menceritakan tentang seorang karyawan Fedex yang terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni di samudera pasifik selatan karena pesawat yang ia tumpangi terkena kecelakaan.


Dan ternyata usut punya usut, Cerita di Cast Away itu diilhami dari sebuah novel berjudul Robinson Crusoe karangan Daniel Defoe. Novel ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 1719.Novel ini adalah sebuah otobiografi fiksi tentang petualangan seorang scotlandia yang bernama Alexandre Selkirk yang terdampar di pulau tak berpenghuni yang bernama Tierra di kepulauan Juan Fernandez di Samudera pasifik.

Robinson Crusoe adalah seorang adalah seorang pemuda terpandang dari keluarga kaya yang lahir di London, Ia dipaksa oleh ayahnya agar menjadi seorang ahli hukum, namun ternyata batinya mengatakan lain, ia ingin menjadi seorang petualang laut yang selalu melanglang buana ke seluruh penjuru lautan di dunia.



Ia pun meninggalkan negara kelahiranya pada september 1651 dan mulai ikut berbagai ekspedisi laut. tak terhitung sudah berapa laut yang ia taklukan dan tak tehitung sudah berapa cobaan dan pengalaman yang ia dapatkan, mulai dari menjadi seorang pelayan kapal, menjadi budak, tawanan bajak laut, dan berbagai petualangan lainya.

http://www.mrtivu.it/wp-content/uploads/crusoe.JPG
Tapi ternyata di suatu ekspedisi, ia dan kapalnya terdampar di suatu pulau tak berpenghuni di daerah Orinoco, dan ternyata semua teman-teman awak kapal mati, hanya ia yang bisa bertahan hidup, iapun mulai belajar bagaimana caranya bertahan hidup sendirian di pulau itu. Dia kemudian mulai belajar bercocok tanam, berburu, membuat tembikar, membuat api, dan sebagianya.Dan setelah berpuluh-puluh tahun tinggal di pulau itu, Ia pun akhirnya bisa keluar dari pulau itu setelah ada kapal Inggris yang secara tak sengaja lewat di perairan pulau itu, Ia pun meninggalkan pulau itu pada tanggal 19 Desember 1686. Dan kemudian kembali ke Inggris, karna keluarganya sudah mengira bahwa ia sudah mati, Ia pun kemudian tinggal di Portugal untuk memulai hidup yang lebih indah.

0 comments:

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda