Tuesday, June 28, 2011

Kenapa orang jaman dulu rata-rata panjang umur

9:01 PM Posted by beckti'velu 1 comment
Sudah bukan rahasia lagi jika kebanyakan orang jaman dulu (mungkin dalam hal ini kita sebut sebagai golongan tua yang lahir pada era kemerdekaan atau zaman kolonial Belanda) kebanyakan mempunyai rata-rata usia hidup yang panjang (diluar kematian karena terbunuh dalam perang). Bahkan banyak dari Para
kaum tua ini bisa hidup mencapai lebih dari 100 tahun dengan rata-rata usia hidup mencapai 70 tahun.


http://tiyarindha.files.wordpress.com/2010/11/pejuang-kemerdekaan.jpg

Namun untuk orang jaman sekarang (saya sebut sebagai golongan muda yang lahir di era orde baru, reformasi, atau selebihnya) mempunyai usia panjang mencapai 100 tahun adalah hal yang sangat langka. Bisa hidup sampai 70 tahun saja merupakan sebuah anugerah yang besar. Dan bahkan rata-rata usia hidup orang sekarang hanya sekitar 50 tahun (Data ini saya ambil dari data salah satu kantor kelurahan di kota saya).

Lalu mengapa orang jaman dulu rata-rat mempunyai usia yang panjang alias panjang umur? Berkit adalah beberapa sebab yang mungkin mempengaruhi faktor ini :

1. Pola Makan
Pola makan orang jaman dahulu dan orang sekarang sangat berbeda jauh. Orang-orang jaman dulu biasanya makan makanan yang berasal langsung dari alam seperti kebun, sawah, hasil hutan, dll. sedangkan jaman sekarang orang banyak menyantap makanan instant yang biasanya banyak mengandung pengawet dan zat kimia berbahaya.

2. Pola Hidup sehat
Orang jaman dulu sangat menjunjung pola hidup sehat (walau mereka sebenarnya tak menyadarinya), hal ini bisa dilihat dari banyak orang yang berolahraga secara tak langsung seperti berjalan jauh, bekerja keras, dll. sedangkan di jaman sekarang kebanyakan orang sangat tak memikirkan olahraga. Jangankan untuk berjalan jauh, untuk menuju ke tempat yang dekat saja, banyak orang yang lebih memilih menggunakan motor ketimbang jalan kaki.

3. Faktor kecelakaan lalu lintas
Di indonesia sekarang ini, setiap tahun ada 28.000 orang yang tewas karena kecelakaan lalu lintas. bahkan menurut data Dirjen kementerian hubungan darat, keelakaan lalu lintas telah menjadi pembunuh nomer 2 di Indonesia (sumber lain menyebut no 3). Sedangkan kita sendiri tahu bahwa di jaman dulu, belum banyak kendaraan, sehingga minim sekali ada kasus orang yang terbunuh karena kecelakaan.

4. Lelaku Tapa
Orang jaman dulu gemar sekali melakukan lelaku tapa. tanpa disadari, lelaku ini adalah salah satu cara menyehatkan badan (tanpa mengurangi sisi spiritual lelaku tapa). Karena setelah diteliti, lelaku tapa orang jaman dulu mirip dengan yoga, sehingga secara tak sadar, para lelaku tapa sudah menyehatkan jantung mereka.

Mungkin 4 faktor di atas yang menyebabkan kenapa orang-orang jaman dulu mempunyai rata-rata usia yang lebih panjang dibanding orang-orang jaman sekarang. Baragkali jika ada yang mau menambahkan, silahkan bisa lewat kotak komentar...monggo

1 comment:

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda